
Kerangka bisnis plan inilah yang nantinya menentukan seberapa akurat serta bagaimana prospek dari ide usaha yang kita tawarkan. Analisa terhadap kompetitor serta pangsa pasar juga akan sangat mempengaruhi perkembangan dan kemajuan usaha yang kita geluti. Berikut contoh kerangka proposal usaha yang baik.
Ringkasan Eksekutif
A. Deskripsi Perusahaan
- Nama dan lokasi usaha
- Informasi kepemilikan dan status hukum
- Deskripsi sejarah tahap perkembangan dan paokan pencapaian ke depan
- Identifikasi produk atau jasa
- Deskripsi perusahaan
- Pendanaan perusahaan
B. Target Pasar
- Lokasi target pasar
- Deskripsi karakteristik demografis target konsumen
- Motivasi dan pola pembelian konsumen
- Ukuran pasar
- Evaluasi terhadap pasar
C. Kompetitor
- Identifikasi jenis kompetisi
- Indentifikasi kompetitor spesifik
- Posisi kompetitor
- Keunggulan kompetitor
- Evaluasi terhadap tantangan yang harus dihadapi dan kompetisi di masa depan
D. Strategi Pemasaran
- Dekripsi strategi pemasaran
- Identifikasi strategi tambahan untuk pemasaran dan penjualan
- Deskripsi tim penjulan
E. Operasi
- Elemen utama operasi
- Tonjolkan keuntunan operasional
- Tunjukan tantangan operasional di masa depan
F. Struktur Manejemen
- Anggota tim utama
- Perkirakan kebutuhan manajemen di masa depan
- Deksripsikan struktur kepegawaian
- Anggota dewan, penasihat, dan konsultan
G. Perkembangan Masa Depan
- Tujuan jangka panjang
- Target pencapaian masa depan
- Perkiraan risiko
H. Finansial
- Laporan pendapatan
- Kembangkan perkiraan arus kas
- Sumber dan penggunaan dana
Demikian uraian singkat tentang contoh kerangka bisnis plan yang baik dan benar untuk menarik investor, semoga bermanfaat bagi kita semua. Maju terus wirausaha muda Indonesia.
Referensi:
Abram, Rhonda. 2008. Bussiness Plan In a Day. Yogyakarta: Kanisius
Dwimarta, David. 2010. Bisnis On Line. Yogyakarta: Kata Buku
M. Toha, 2000. Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius