Bisnis Plan Cafe and Resto Struktur Menejemen Perusahaan [3]

Bisnis Plan Online - Setelah penyusunan target pasar pada Bab sebelumnya, berikutnya adalah menyampaikan struktur menejemen perusahaan dalam Bisnis Plan Cafe and Resto. Dalam Bab ini perlu kita sampaikan keseluruhan tim serta sumber daya manusia yang dibutuhkan guna memperlancar operasional yang akan dilakukan perusahaan.

BAB III STRUKTUR MANEJEMEN
A. Struktur Manejemen

Samudra Cefe merupakan badan usaha perdagangan berbentuk CV yang dimiliki oleh Haryana, S.E dan Agam Putranta sebagai sekutu aktif. Sementara yang akan menjadi sekutu pasif dalam bisnis tersebut adalah investor. Setoran awal atau modal kerja guna pendirian perusahaan ini terdiri dari 40% investasi pemilik sekaligus pengelola dan 60% direncanakan dari investor pasif.

Struktur manajemen di bawah ini dibuat berdasarkan kebutuhan sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis cafe and resto.

Penerapan kedisiplinan serta mengedepankan pelayanan ramah dan nyaman akan menjadi keunggulan istimewa dari Samudra Cafe yang dimaksudkan untuk menarik pelanggan tetap. Pemilik sengaja berperan sebagai pengelola sekaligus dengan tujuan mngoptimalkan momentum awal promosi yang dilakukan sehingga akan membuahkan hasil yang maksimal.

a. Owner

Pemilik usaha segaligus direktur adalah Haryana, S.E berperan melakukan pengendalian langsung terhadap bawahan sekaligus pembuat kebijakan dan keputusan tertinggi menyangkut keberlangsungan perusahaan baik dari segi operasional maupun hukum.

b. Kepala Operasional

Memiliki tugas sebagai kepala operasional membawahi staff produksi baik staff pembelian (Gudang), Pelayan, maupun Staff Dapur.

Kewajiban kepala operasional selain menjamin pasokan bahan mentah juga secara langsung terjun mengatur bawahannya agar operasional baik pelayanan maupun penyajian berjalan dengan lancar. Selain itu Kepala Operasional juga memiliki kewajiban melaporkan keuangan khususnya pengeluaran dari divisinya.

c. Marketing

Tim marketing berperan memperkenalkan Samudra Cafe sekaligus mendatangkan pelanggan dengan berbagai langkah baik secara online maupun offline.

Selain berperan sebagai tim promosi marketing juga menjamin kedatangan konsumen dalam setiap harinya sesuai target yang telah ditentukan, serta melakukan evaluasi dan laporan kepada atasan maupun karyawan lain yang berwewenang.

d. Kepala Administrasi

Berkewajiban menjamin kelancaran pembayaran di kasir serta melakukan pembukuan tiap hari dan atau melakukan rekapan pembukuan setiap akhir bulan termasuk berkewajiban melakukan setoran kepada masing-masing bagian operasional sesuai kebutuhan.

Kepala Administrasi juga berkewajiban melakukan pembayaran terhadap karyawan denan nominal yang sudah ditentukan sesuai tugas pokok masing-masing karyawan dan hak nya sebagai karyawan.

e. Staff Pembelian

Menjamin pasokan bahan mentah setiap hari agar tidak ada kekurangan sehingga menu yang ditawarkan tetap dalam keadaan ready.

Staff pembelian juga wajib melakukan rekapan pembelian serta pasokan bahan mentah yang kemudian diserahkan kepada atasan dalam hal ini kepala operasional.

d. Pelayan

Melakukan pelayanan dengan mengedepankan keramahan, menghidangkan sajian sesuai peasanan konsumen serta bertanggung jawab atas kebersihan Samudra Cafe.

f. Staff Dapur

Staff dapur bertugas sebagai tukang masak memasak dan menyajikan menu sesuai dengan pesanan dari pelayan/ konsumen.

g. Kasir

Berkewajiban melakukan tagihan kepada konsumen yang telah selesai sesuai dengan harga dan pesanan mereka.

Kasir memiliki tanggung jawab langsung kepada konsumen, kepala administrasi, serta kepada owner.

h. Lainnya

Kebutuhan sumber daya manusia selain yang masuk ke dalam struktural menejemen perusahaan adalah mereka penjaga parkir yang bertugas sebagai penjaga ketertiban kendaraan pengunjung sekaligus menjamin keamanan baik terhadap pengunjung cafe maupun kendaraan.

Contoh bisnis plan cafe and resto menejemen perusahaan di atas dalam proposal usaha bisa juga kita tambahkan dengan pembimbing/ konsultan jika memang perusahaan yang akan Anda bangun memiliki konsultan yang kompeten di dalamnya.