Pengertian Bisnis Plan dan Manfaatnya Bagi Seorang Pengusaha

pengertian-bisnis-plan-dan-manfaatnya
Tahukah Anda apa pengertian Bisnis Plan dan manfaatnya bagi seorang pengusaha? Di bawah ini sedikit akan kami singgung mengenai pengertian serta manfaat business plan bagi seseorang sebelum memutuskan untuk mendirikan suatu usaha.

Pengertian Business plan

Business plan atau yang juga kerap disebut sebagai bisnis plan adalah salah satu dokumen rencana bisnis yang dipersiapkan oleh seseorang atau kelompok orang sebelum mendirikan suatu usaha/ perusahaan.

Rencana bisnis yang baik dapat dibuat dengan cara melengkapi deskripsi mengenai perusahaan yang akan kita bangun serta berbagai aspek di dalamnya termasuk financial serta prospek perkembangan perusahaan di masa yang akan datang.

Adapun aspek yang wajib ada dalam sebuah proposal usaha atau bisnis plan ialah mengenai ringkasan eksekutif, deskripsi perusahaan, target pasar, analisis usaha, perencanaan pemasaran, operasional, perencanaan pengembangan, serta finansial. Bagi Anda yang ingin merancang sebuah proposal usaha bisa menyimak artikel kami dengan judul contoh kerangka bisnis plan.

Manfaat Business Plan

Dari pengertian bisnis plan di atas dapat kita ketahui bahwa rencana bisnis tersebut disusun oleh seseorang dengan tujuan tertentu. Adapun manfaat bisnis plan antara lain adalah sebagai berikut:

Sebagai rencana usaha

Bisnis plan bermanfaat sebagai rencana usaha mana kala seseorang menyusunnya dengan tujuan untuk merencana ide usaha yang akan dilakukan. Dengan perencanaan ini setidaknya bisnis kita akan lebih terarah dan tepat sasaran/ pangsa pasar.

Hal ini yang kemudian membuat suatu bisnis plan yang baik menjadi sebuah dokumen penting dan berharga. Pasalnya jika rencana usaha tersebut dibuat benar-benar sesuai dengan keadaan dan kondisi maka seseorang tinggal mengikut langkah demi langkah dalam perencanaan tersebut.
Dalam sebuah business plan tentu saja terdapat sebuah visi yang harus diraih melalui berbagai macam misi. Hal ini nantinya wajib dijalankan dalam langkah menjalankan usaha tersebut.

Sebagai proposal Usaha

Bisnis plan berfungsi sebagai proposal usaha manakala disusun guna menarik investor atau dalam penggalangan dana. Perlu kita ketahui bersama bahwa seorang investor akan memberikan dana hanya jika ide usaha yang Anda ajukan merupakan ide usaha yang prospek di masa depan.

Dengan kata lain seorang investor akan memberikan dana jika nantinya ia juga akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari kerjasama tersebut. Hal ini yang kemudian mewajibkan seseorang untuk membuat ringkasan eksekutif di halaman depan bisnis plan serta analisis keuangan/ finansial yang matang termasuk jangka waktu berapa lama perusahaan Anda akan meraih Break Efent Point (BEP) atau balik modal serta berapa persen pembagian keuntungan setalah usaha tersebut berjalan.

Sebagai analisis usaha

Selain kedua hal di atas bisnis plan juga dapat dimanfaatkan sebagai analisis usaha guna mengetahui prospek perkembagan usaha tersebut di masa yang akan datang.

Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam melakukan analisis usaha kita tidak boleh seenak sendiri menentukan prospek usaha ke depan sekedar dari insting semata melain membutuhkan kejelian serta fakta lapangan yang Ada.

Sebagai contoh ketika kita ingin mendirikan sebuah usaha persewaan lapangan futsal kita tidak boleh beranggapan bahwa bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus karena melihat adanya usaha yang sama dengan jumlah pengunjung dan pelanggan yang banyak. Menentuka prospek usaha ke depan dapat kita lakukan dengan cara ekplorasi serta servey ke daerah dimana usaha tersebut akan Anda lakukan.

Dengan adanya analisis usaha ini nantinya kita akan mengetahui seberapa besar modal usaha yang kita butuhkan dan berapa lama modal tersebut akan kembali serta berapa pelanggan minimal dalam satu bulan guna mewujudkan rencana tersebut.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian Bisnis Plan dan manfaatnya bagi seorang pengusaha semoga dapat memberikan pemahaman bagi kita semua. Maju terus wiraswasta muda Indonesia.