Bisnis Plan Cafe And Resto Target dan Analisa Pasar [2]

bisnis-plan-cafe-and-resot-target-dan-analisa-pasar
Bisnis Plan Online - Setelah penyusunan deskripsi perusahan selesai langkah kedua ialah menentukan segmen pasar. Bisnis plan cafe and resto target dan analisa pasar di bawah ini dapat kita jadikan sebagai contoh sekaligus referensi dalam menyusun proposal usaha secara lengkap. Namun bagi Anda yang belum menyimak deskripsi perusahaan bisa terlebih dahulu membacanya disini.

BAB II Target Pasar
A. Segmen Pasar

Samudra Cafe merupakan perusahaan kuliner yang menargetkan pangsa pasar utama kalangan mahasiswa di Jogjakarta serta karyawan dan karyawati di wilayah Jogjakarta namun juga tidak menutup keungkinan juga mentargetkan para masyarakat Jogjakarta yang tinggal di wilayah pusat kota dan tidak menutup kemungkinan dapat menarik pelanggan dari wilayah Kabupaten Bantul dan Sleman.

Fasilitas hostpot area serta ruangan VIP juga memungkinkan untuk mentargetkan para kalangan menengah atas di wilayah Jogjakarta yang menginginkan privasi dalam sebuah pertemuan.

Keunggulan pelayanan dan produk Samudra Cafe akan didukung dengan area parkir yang luas dan memadahi baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat seperti mobil pribadi.

Suasana serta lokasi yang strategis dan nyaman menjadi andalah dari pelayanan samudra cafe dibandingkan dengan usaha serupa di wilayah Jogja yang baru ada di Kabupaten Sleman.

Samudra cafe mentargetkan 60% dari total pengunjung adalah mahasiswa Jogja serta sisanya merupakan pangsa pasar kalangan karyawan dan menengah ke atas.

B. Riset dan Evaluasi Pasar

a. Gambaran Pasar

Dari hasil riset pasar yang telah kami lakukan mayoritas para mahasiswa dan karyawan di Jogja masih membutuhkan tempat nongkrong/ berkumpul dengan komunitasnya yang nyaman dan tidak terbatas dengan waktu. Hal ini sangat memungkinkan Samudra Cafe menjadi solusi mereka dengan memberikan fasilitas tempat yang luas serta hostpot area.

Selama ini para mahasiswa dan karyawan mengaku tidak memiliki tempat nongkrong favorit karena memang tidak ada area jogja yang menyediakan tempat nyaman bagi mereka. Sementara dalam hal konsumsi kopi perilaku masyarakat jogjakarta masih mengandalkan warung sederhana seperti angkringan dan warung burjo. Segmen pasar inilah yang nantinya akan menjadi segmen utama samudra cafe menggeser kebiasaan mereka untuk menjadikan Samudra Cafe sebagai tempat nongkrong favorit di Jogjakarta.

b. Permintaan

Dari berbagai survey dan riset selama 2 bulan terakhir tertanggal 2 Desember 2015 hingga 3 Februari 2016 kami dapati beberapa fakta mengenai permintaan yang kemudian dapat kami asumsikan jumlah permintaan dalam tiga tahun mendatang sebagai berikut:
TahunPrediksi Permintaan Pasar
2016180.000
2017182.250
2018187.500

c. Kompetitor

Kompetitor yang menjadi pesaing utama setidaknya terdapat 2 jenis usaha serupa namun memiliki tempat dan wilayah berbeda termasuk di Kabupaten Sleman. Tabel di bawah ini merupakan kompetitor dengan penawaran yang mampu mereka berikan.
PesaingKapasitas
Royal Cafe30.000
Sawunggaling Cafe and Resto10.000
Warung Sederhana50.000
Total90.000

Dari besaran kompetitor tersebut kami berasumsi mengalami peningkatan 10% dalam tiap tahunnya seperti berikut:
TahunPerkiraan Penawaran
201699.000
2017  108.900
2018  119.790

C. Strategi Pemasaran

Samudra Cafe mengandalkan strategi pemasaran berdasarkan SWOT dengan keunggulan di bawah ini.

a. Produk

Penyediaan produk kopi hight qualiti dengan lebih dari 20 macam jenis kopi serta makanan kecil dengan aneka menu inovatif seperti puding, cake, aneka masakan pisang dan lain sebagainya diprediksi mampu menarik konsumen untuk datang sekaligus betah.

b. Harga

Samudra Cafe telah menentukan harga produk berdasarkan biaya operasional serta margin keuntungan bersih sekitar 30% dari harga tersebut. Adapun harga yang kami tawarkan dari jenis produk dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.
ProdukHarga TerendahHarga Tertinggi
Minuman Kopi12.00020.000
Minuman Lain 8.00018.000
Makanan Kecil 8.00016.000
Makanan Besar (Mie & Nasi Goreng) 8.00014.000

d. Promosi

Selama tiga bulan awal Samudra Cafe akan melakukan promosi melalui berbagai media sebagai berikut:
  • Melalui brosur berkala yang nantinya akan disebar ke berbagai wilayah kampus di Jogjakarta.
  • Melalui Sosial Media seperti FB dan Twitter yang kini tengah digandrungi para kawula muda.
  • Melalui media elektronik siaran radio di beberapa stasiun radio andalan di Jogjakarta.

D. Rencana Penjualan

TahunPerkiraan Penjualan
201650.000
201757.500
201866.125
 dst                                               
Bisnis plan cafe and resto target dan analisa pasar dapat disusun dengan metode seperti contoh di atas. Setelah penyusunan Bab II selesai berikutnya kita menginjak untuk membuat Struktur Menejemen Cafe And Resto.