5 Peluang Usaha Kreatif dan inovatif dengan Modal Kecil 2018

peluang-usaha-kreatif-dan-inovatif-dengan-modal-kecil
Bisnis Plan Online -  Ide bisnis kreatif dan inovatif memiliki prospek yang cukup bagus. Terlebih saat ini barang-barang unik dan clasik banyak dicari konsumen ditengah menjamurnya produk modern. Bagi Anda yang tengah mencari peluang usaha kreatif dan inovatif dengan modal kecil 5 ide bisnis di bawah ini bisa menjadi alternatif untuk memulai suatu usaha.

Bisnis Souvenir 

Permintaan pasar terhadap barang-barang souvenir baik digunakan pada acara pernikahan, wisuda, maupun acara lain semakin tinggi. Minat pasar terhadap barang-barang unik dan kreatif bisa kita jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Souvenir di sebuah acara pernikahan seolah menjadi benda wajib yang diberikan pengantin kepada para tamu undangan. Benda-benda kecil seperti gantungan kunci, tasbih mini, gelas kecil, serta berbagai macam miniatur kreatif masih banyak dipilih konsumen sebagai souvenir untuk berbagai acara.

Kondisi ini membuka peluang bagi kita untuk menciptakan sebuah inovasi guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Strategi pemasaran secara online serta kerja sama dengan jasa cetak undangan dan sablon menjadi salah satu alternatif dalam memasarkan produk kreatif Anda.

Produk Barang Bekas 

Peluang usaha kreatif dan inovatif kedua yang cukup banyak peminatnya ialah produk yang terbuat dari bahan bekas seperti tas dari limbah plastik, vas bunga dari botol minuman bekas, serta berbagai macam hiasan dari barang bekas cukup diminati oleh konsumen baik dalam negeri maupun mancanegara.

Peluang usaha kreatif dan inovatif dengan modal kecil ini juga didukung dengan bermunculannya situs-situs jual beli online seperti olx, buka lapak, tokopedia, dan lain sebagainya yang akan memudahkan kita dalam mempromosikan produk kreatif.

Keuntungan lain dari produk ini setidaknya berhubungan dengan jumlah pesaing yang tidak begitu berat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan produk-produk pabrikan yang diproduksi secara massal.

Dengan sedikitnya pesaing setidaknya Anda dapat dengan mudah menawarkan harga produk sesuai dengan margin yang Anda tentukan. Berbeda dengan perang harga produk-produk pabrikan yang banyak ditawarkan secara online.

Tas rajut

Trend dan gaya hidup masyarakat Indonesia rupanya perlahan mengalami perubahan. Barang-barang semacam tas rajut yang dulunya diproduksi untuk pasaran luar negeri kini dengan mudah dapat ditawarkan pada masyarakat Indonesia.

Bahkan tak jarang konsumen berani merogoh kocek dalam-dalam guna mendapatkan tas rajut dengan harga mahal. Bagi kita Anda yang berfikir kreatif tentu akan mempergunakan trend ini sebagai salah satu ide usaha dengan prospek tinggi.

Selain permintaan pasar yang cukup besar, pembuatan tas rajut juga memungkinkan untuk dilakukan secara rumahan. Bahkan beberapa daerah di Indonesia terdapat kampung yang mayoritas penduduk perempuannya mengerjakan usaha sambilan produksi tas rajut yang diambil dan di setorkan pada pengepul.

Usaha ini bisa Anda mulai dari hal terkecil untuk memproduksi beberapa tas rajut dan fashion lain seperti peci, dompet, kantong handphone yang kemudian dapat Anda tawarkan kepada rekan kerja atau teman-teman Anda melalui sosial media.

Kotak kado

Meskipun pengrajin kotak kado sudah cukup banyak namun jika Anda memulai usaha ini dengan cerdas tidak menutup kemungkinan Anda mendapatkan pelanggan besar seperti online shop yang menggunakan kemasan semacam kotak kado unik dan menarik.

Salah satu online shop terbesar di Indonesia yang sudah menggunakan kotak kado dalam mengemas barang kirimannya ialah Berybenca.

Strategi pemasaran kotak kado atau kemasan produk juga bisa Anda tawarkan melalui kerja sama dengan produsen maupun penjual barang-barang tertentu seperti jam tangan, batu akik, souvenir dan lain sebagainya.

Usaha Kain Perca

Bagi sebagian orang kain perca dianggap sebagai limbah dari usaha jahit yang tidak berguna kecuali sebagai kain lap di beberapa bengkel mobil dan motor. Namun bagi orang-orang yang kreatif kain perca dapat disulap menjadi barang-barang berguna dengan nilai jual tinggi.

Beberapa contoh produk yang dapat dibuat dari bahan kain perca antara lain keset, kain pel, hiasan dinding, taplak meja dan sebagainya.

Bahan dasar guna membuat produk kreatif dan inovatif ini tergolong mudah di dapatkan. Anda bisa bekerja sama dengan para penjahit yang berada di daerah Anda untuk membeli kain perca sisa jahit. Biasanya kain ini dijual kiloan oleh pemilik usaha jasa jahitan dengan harga cukup terjangkau.

Nah bagaimana, apakah Anda tertarik  dengan 5 peluang usaha kreatif dan inovatif dengan modal kecil di atas? tunggu apa lagi segera rencanakan dan realisasikan rencana Anda tersebut.