Contoh Bisnis Plan Cafe And Resto Lengkap dengan Analisisnya [1]

contoh-bisnis-plan-cafe-and-resto-lengkap-dengan-analisisnya
Bisnis Plan Online - Bagi Anda yang tengah mencari contoh bisnis plan cafe and resto lengkap dengan analisisnya guna keperluan referensi membuat rencana usaha atau proposal usaha. Di bawah ini merupakan contoh proposal usaha sederhana yang dapat digunakan sebagai referensi membuat rencana bisnis serupa yang nantinya bisa kita ajukan kepada seorang investor.
Ringkasan Eksekutif

Bab I Deskripsi Perusahaan

A. Deskripsi Perusahaan

Samudra Cafe adalah sebuah perusahaan bidang kuliner khususnya menyediakan kopi dan resto bagi pelanggan. Perusahaan ini berada di pusat kota Jogjakarta tepatanya berada di Jalan Kusumanegara Nomor 16 Jogjakarta.

Gaya hidup masyarakat Jogjakarta yang semakin modern dan memiliki sifat konsumtif  mendorong ide bisnis cafe and resto sebagai salah satu alternatif tempat minum kopi yang modern dengan fasilitas memadahi. Selain kelebihan dalam hal lokasi strategis Samudra cafe juga menyediakan berbagai macam produk kopi lebih dari 20 jenis yang dapat dengan mudah dipesan melalui pelayan.

Perusahaan kuliner perorangan yang diberi merek dagang “samudra cafe” ini tengah dalam proses pengajuan surat ijin usaha perdagangan yang nantinya operasional direncanakan mulai beroperasi pada bulan agustus  2016 ini.

Pemilik sekaligus pendiri usaha kuliner ini adalah Haryana, S.E yang telah memiliki usaha serupa di daerah Surabaya Jawa Timur. Atas dasar pengalaman tersebut Samudra Cafe sangat optimis menjadi salah satu usaha kuliner dengan prospek tinggi di wilayah Jogjakarta.

B. Visi dan Misi

a.  Visi 

Samudra Cafe memiliki visi memberikan ruang dan tempat masyarakat pencinta kopi terbaik di Jogjakarta dan menjadi penyedia waralaba usaha cafe and resto di Indonesia.

b.  Misi 

Memberikan pelayanan sekaligus tempat yang nyaman bagi para konsumen.
Menambah jumlah gerai dalam waktu 3 tahun pertama.
Memperkenalkan Samudra Cafe melalui promosi online dan tertarget.

C. Gambaran Produk dan Pelayanan

Samudra Cafe menyediakan berbagai produk kopi lebih dari 20 jenis yang masing-masing pengolahannya didapatkan dari perusahaan produsen terkemuka di berbagai wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selain memberikan layanan bagi konsumen yang ingin minum kopi Samudra Cafe juga menyediakan makanan ringan dan berat seperti roti bakar, cake, puding, serta beberapa makanan ringan lainnya. Dengan inovasi ini harapan kami adalah mampu menarik pelanggan untuk betah berlama-lama di tempat ini terlebih tempat duduk pelanggan juga dibedakan dengan smoking area dan no smoking area. Selain itu ruangan VIP juga memungkinkan untuk disediakan bagi kalangan yang menginginkannya guna acara resmi seperti rapat maupun pertemuan yang membutuhkan privasi.

D. Pendanaan Perusahaan

Dari segi pendanaan Samudra Cafe telah memiliki 40% dari total modal yang dibutuhkan agar perusahaan ini dapat berjalan dengan lancar. Adapun sisa dari kebutuhan tersebut akan digalangkan melalui investor yang memiliki komitmen dalam menginvestasikan modalnya pada perusahaan kami.

Dengan pendanaan 40% pemilik sekaligus pengelola dan 60% investor kami menawarkan sistem bagi hasil sebesar 70% bagi pengelola dan 30% bagi investor dengan Break Event Point (BEP) 2 tahun 3 bulan.

Deskripsi perusahaan di atas merupakan Bab awal yang wajib disusun dalam sebuah proposal usaha. Dari contoh bisnis plan cafe and resto  di atas di atas dapat kita ketahui aspek apa saja yang wajib tercantum di dalam deskripsi perusahaan. Selain penyusunan deskripsi perusahaan selesai berikutnya kita bisa melangkah untuk membuat bisnis plan cafe and resto dalam Target dan Analisa Pasar.